BAB VII DESAIN SISTEM SECARA UMUM

BAB VII 

DESAIN SISTEM SECARA UMUM


 


Tujuan dari desain sistem secara umum adalah utk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yg baru.

Pada tahap desain secara umum, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan tujuan utk dikomunikasikan kepada user. Komponen sistem informasi yg didesain adalah model, output, input, database, teknologi & kontrol.

 

  1. Desain Model Secara Umum

Sistem analis dapat mendesain model dari sistem informasi yg diusulkan dlm btk Physical System & Logical Model. Btk Physical System dapat digambarkan dengan system flowchart. Dan Logical Model dapat digambarkan dengan Data Flow Diagram (DFD).

Data Flow Diagram

Data Flow Diagram digunakan utk menggambarkan suatu sistem yg telah ada atau sistem baru yg akan dikembangkan secara logika.

1.      Simbol yg digunakan dlm Data Flow Diagram

1.External Entity (Kesatuan Luar)

      2.Data Flow (Arus Data)

3.Process (Proses)

4.Data Store (Simpanan Data)

 

1.External Entity (Kesatuan Luar)

Kesatuan luar merupakan kesatuan (entity) di lingkungan luar sistem yg dapat berupa orang, organisasi, atau sistem lainnya yg berada di lingkungan luarnya yg akan memberikan input atau menerima output dari sistem. Kesatuan luar dapat berupa:

a.       Suatu kantor, departemen, atau divisi dlm perusahaan

b.      Orang atau sekelompok orang di organisasi tsb

c.       Suatu organisasi atau orang yg berada di luar organisasi seperti misalnya langganan, pemasok

d.      Penerima akhir dari suatu laporan yg dihslkan oleh sistem

Simbol: kesatuan luar dpt digbrkan dengan suatu notasi kotak.



 

 


2. Data Flow (Arus Data)

Arus data mengalir diantara proses, simpanan data dan kesatuan luar. Arus data ini menunjukkan arus dari data yg dapat berupa masukan utk sistem atau hasil dari proses sistem dan dapat berbentuk sbb:

a.       Formulir atau dokumen yg digunakan di perusahaan

b.      Laporan tercetak yg dihslkan oleh sistem

c.       Masukan utk komputer

d.      Data yg dibaca atau direkamkan ke suatu file

e.       Suatu isian yg dicatat pada buku agenda

Simbol: Arus data dpt digbrkan dengan suatu panah  



3. Process (Proses)



Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yg dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yg masuk ke dlm proses utk dihasilkan arus data yg akan keluar dari proses.

Simbol:     



4. Data Store (Simpanan Data)

Simpanan data merupakan simpanan dari data yg dapat berupa:

a.       Suatu file atau database di sistem komputer

b.      Suatu arsip atau catatan manual

c.       Suatu tabel acuan manual

d.      Suatu agenda atau buku

  


Simbol:


 

 

 2. Bentuk Data Flow Diagram

Terdapat 2 bentuk Data Flow Diagram  yaitu Physical Data Flow Diagram (Diag. Arus Dt Fisik) dan Logical Data Flow Diagram (Diag. Arus Dt Logika). Data Flow Diagram Fisik lebih tepat digunakan utk menggambarkan sistem yg ada (sistem lama) dan lebih menekankan pada bagaimana proses dari sistem yg diterapkan. Sedangkan diagram arus dt logika digunakan utk menggambarkan sistem yg akan diusulkan dan lebih menekankan proses-proses apa yg terdapat di sistem.

 

3. Pedoman Menggambarkan Data Flow Diagram

1.      Identifikasikan terlebih dahulu semua kesatuan luar yg terlibat di sistem.

2.      Identifikasikan semua input dan output yg terlibat dengan kesatuan luar.

3.      Gambarkanlah terlebih dahulu suatu diagram konteks. Dari diagram konteks ini akan digambar dengan lebih terinci lagi yang disebut dengan level 0. Tiap-tiap proses di level 0 akan digambar secara lebih terinci lagi disebut dengan level 1. Tiap-tiap proses di level 1 akan digbr secara lebih terinci lagi disebut dengan level 2 dst sampai tiap-tiap proses tidak dapat digbr lebih terinci lagi.

4.      Gambarlah bagan berjenjang untuk semua proses yang ada di sistem terlebih dahulu. Bagan berjenjang digunakan untuk mempersiapkan penggambaran DAD ke level-level lebih bawah lagi.

5.      Gambarlah sketsa DAD untuk diagram level 0 berdasarkan proses di bagan berjenjang.

6.      Gambarlah DAD utk level-level berikutnya yaitu level 1 dst utk tiap-tiap proses yg dipecah-pecah sesuai dgn bagan berjenjangnya.

 


2. DESAIN INPUT SECARA UMUM

Langkah-langkah desain input secara umum adalah:

  1. Menentukan kebutuhan input  dari sistem informasi
  2. Menentukan parameter dari desain input tsb.

Contoh:           Data Induk Pegawai

            Nomor Induk Pegawai:

            Nama Pegawai:

            Alamat:

            Tempat Lahir:

            Tanggal Lahir:

            Pendidikan:

 

3. DESAIN OUTPUT SECARA UMUM

Langkah-langkah desain output secara umum adalah:

1. Menentukan kebutuhan output  dari sistem informasi

2. Menentukan parameter dari desain output tsb.

Contoh:                       DAFTAR PEGAWAI

NIP

NAMA

ALAMAT

TEMPAT

LAHIR

TGL.

LAHIR

PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

4. DESAIN DATABASE SECARA UMUM

Database dibentuk dari kumpulan file. Sedangkan file dibentuk dari kumpulan Record. Dan record dibentuk dari kumpulan field. Sedangkan field merupakan kumpulan dari item data. Item data dapat berupa huruf, angka atau simbol-simbol khusus.

Langkah-langkah desain database secara umum:

  1. Menentukan kebutuhan file pada sistem informasi
  2. Menentukan parameter dari desain database tsb. : Type File, Media File, Organisasi File & key field dari file tsb

 

 

5. DESAIN TEKNOLOGI SECARA UMUM

Untuk tahap desain teknologi secara umum, langkah pertama perlu dilakukan oleh analis adalah mengidentifikasi jenis dari teknologi yang dibutuhkan, baik yang berkaitan dengan penggunaan hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware yaitu personil yang terlibat dengan sistem informasi. Kemudian langkah kedua adalah menentukan jumlah yang dibutuhkan dalam penggunaan hardware maupun software untuk sistem informasi tsb.

 

*****

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB I KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

Kumpulan Materi dan Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi