Tugas Sistem Informasi Teknik Pengumpulan Data
Nama : Siti Fatimah
NIM : 190511166
Kelas : K2
Prodi : Teknik Informatika
Mata
Kuliah : Sistem Informasi
Kisi-Kisi Soal Bab V Teknik Pengumpulan Data
1. Jelaskan
teknik-teknik yang dapat digunakan di dalam Pengumpulan Data. Dari
teknik-teknik tersebut, teknik manakah yang paling baik digunakan. Sebutkan
alasannya! Dan sebutkan pula kelebihan serta kekurangan dari masing-masing
teknik pengumpulan data tersebut!
2. Buatlah
panduan wawancara (guide interview) sebagai alat bantu yang digunakan di dalam
menggunakan teknik wawancara.
Lokasi Penelitian, melanjutkan
tugas Bab 4.
Contoh jika lokasi penelitian di SMKN 1 Kedawung
Kab. Cirebon. Maka lanjutkan untuk tugas bab 5 tsb.
No. |
Hari/Tanggal/ Jam melaksanakan teknik
Wawancara |
Narasumber (sebutkan jabatan serta
posisi) |
Daftar Pertanyaan |
Jawaban |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Minimal harus ada 3 narasumber yang
berbeda. Dan masing-masing narasumber minimal 3 buah pertanyaan serta
jawabannya masing-masing!
3. Uraikan
rencana penelitan dengan menggunakan teknik observasi (lihat materi Bab 5 yang
sudah Ibu berikan!).
4. Jelaskan
format-format daftar pertanyaan dan berikan contohnya masing-masing!
5. Buatlah
daftar pertanyaan dengan format bebas (cukup satu saja pada masing-masing
divisi) pada divisi:
a. Marketing
b. Personlia
(HRD)
c. EDP
(Electronic Data Processing)
Jawaban
1.Ada beberapa teknik pengumpulan data yang sering dilakukan
yaitu sebagai berikut:
- Teknik Wawancara
Wawancara (interview)
telah diakui sebagai teknik pengumpulan data/fakta yang penting dan banyak
dilakukan dalam pengembangan sistem informasi. Wawancara memungkinkan analis
sistem sebagai pewawancara (interviewer) untuk mengumpulkan data secara
tatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai (interviewee).
2.
Teknik Observasi
Observasi
atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang cukup efektif
untuk mempelajari suatu sistem. Observasi adalah pengamatan langsung suatu
kegiatan yang sedang dilakukan.
3.
Teknik Kuisioner atau Daftar
Pertanyaan
Adalah
suatu daftar yang berisi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk tujuan khusus yang
memungkinkan analis sistem untuk mengumpulkan data dan pendapat dari
responden-responden yang dipilih. Daftar pertanyaan ini kemudian akan
dikirimkan kepada responden yang akan mengisinya sesuai dengan pendapat mereka.
Penggunaan daftar pertanyaan ini mendapat banyak kritikan karena diragukan
hasilnya. Akan tetapi untuk mengumpulkan data dari jumlah sumber yang banyak,
cara ini lebih efisien dibandingkan teknik pengumpulan data yang lain.
Kelebihan dan Kelemahan Metode Pengumpulan Data
metode
pengumpulan data ada beberapa macam, diantaranya: dengan cara Observasi,
Wawancara dan Kuesioner. adapun kelebihan dan kekurangannya
Metode Pengumpulan data dengan tehnik Observasi
kelelebihan dari observasi adalah
sebagai berikut:
1.
Merupakan alat yang langsung untuk
meneyelidiki bermacam-macam gejala.
2.
banyak aspek tingkah laku manusia
dapat diselidiki melalui jalan observasi langsung.
3.
Untuk subyek yang diselidiki
observasi lebih sedikit tentunya bagi orang yang selalu sibuk, mungkin tidak
keberatan untuk di amati, tapi mungkin keberatan untuk mengisi
kuesioner-kuesioner.
4.
Memungkinkan pencatatan yang
serempak dengan terjadinya suatu gejala.
5.
Tidak tergantung pada self-report
6.
Banyak kejadian penting yang tidak
dapat diperoleh dengan pengamatan langsung.
kekurangannya adalah sebagai
berikut:
1.
Banyak kehidupan pribadi yang tidak
terungkap, misalnya kehidupan pribadi yang rahasia.
2.
Memungkinkan terjadinya
ketidakwajaran apabila yang di oservasi mengetahui bahwa dirinya sedang di
observasi.
3.
Observasi banyak tergantung dari
faktor yang tidak terkontrol.
4.
Subyektifitas observer sukar
dihindarkan.
Metode Pengumpulan data dengan tehnik Wawancara
Kelebihan Wawancara:
Hasil wawancara secara kualitas
dapat dipertanggungjawabkan
1.
Mempunyai nilai Yang tinggi
2.
Semua kesalahpahaman dapat dihindari
3.
Pertanyaan yang telah disiapkan
dapat dijawab oleh narasumber dengan penjelasanpenjelasan tambahan
4.
Setiap pertanyaan dapat dikembangkan
lebih lanjut
5.
Informasi yang diperoleh langsung
dari sumber pertama
Kelemahan Wawancara
1.
Data atau informasi yang dikumpulkan
sangat terbatas
2.
Memakan waktu dan biaya yang besar
jika, dilakukan dalam suatu wilayah yang luas
Metode Pengumpulan data dengan tehnik Kuesioner
Kelebihan Dan Kekurangan Kuesioner
1.
Tidak memerlukan hadirnya peneliti.
2.
Dapat dibagikan secara serentak
kepada responden.
3.
Dapat dijawab oleh responden menurut
kecepatannya masing-masing menurut waktu senggang responden.
4.
Dapat dibuat anonim sehingga
responden bebas, jujur dan tidak malu-malu menjawab.
5.
Dapat dibuat berstandar sehingga
semua responden dapat diberi pertanyaan yang benar-benar sama.
Kelemahan kuesioner adalah sebagai
berikut:
1.
Responden sering tidak teliti dalam
menjawab sehingga ada pertanyaan yang terlewati tidak terjawab, padahal sukar
diulangi diberikan kembali padanya.
2.
Seringkali sukar dicari validitasnya
3.
Walaupun dibuat anonim,
kadang-kadang responden sengaja memberikan jawaban yang tidak betul atau tidak
jujur
4.
Angket yang dikirim lewat pos
pengembaliannya sangat rendah, hanya sekitar 20%. Seringkali tidak dikembalikan
tertutama jika dikirim lewat pos menurut penelitian
5.
Waktu pengembaliannya tidak
sama-sama, bahkan kadang-kadang ada yang terlalu lama sehingga terlambat
Menurut saya
teknik yang paling baik digunakan adalah teknik observasi. Karena teknik
observasi adalah metode pengumpulan data yang kompleks yang melibatkan berbagai
faktor dalam pelaksanaannya. Metode pengumpulan data observasi tidak hanya
mengukur sikap dari responden, namun juga dapat digunakan untuk merekam
berbagai fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data observasi cocok
digunakan untuk penelitian yang bertujuan untuk mempelajari perilaku manusia,
proses kerja, dan gejala-gejala alam. Metode ini juga tepat dilakukan pada
responden yang kuantitasnya tidak terlalu besar. Metode pengumpulan data
observasi terbagi menjadi dua kategori, yakni:
a. Participant
observation
Dalam participant observation, peneliti terlibat
secara langsung dalam kegiatan sehari-hari orang atau situasi yang diamati
sebagai sumber data.
b. Non participant
observation
c. Berlawanan
dengan participant observation, non participant observation merupakan observasi
yang penelitinya tidak ikut secara langsung dalam kegiatan atau proses yang
sedang diamati.
2.
Panduan
Wawancara Guide
No. |
Hari/Tanggal/ Jam melaksanakan teknik
Wawancara |
Narasumber (sebutkan jabatan serta
posisi) |
Daftar Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Selasa/17-11-2020/09.00 WIB |
Sudrajat (Ketua Tata Usaha) |
Bagaimana sistem yang sedang berjalan
di SMK Cendekia Wanasari selama ini baik sistem administrasi maupun akademis?
Apakah masih menggunakan sistem manual atau sudah terkomputerisasi? |
Selama ini kami masih menggunakan
sistem manual. Walaupun sudah tersedia komputer sebagai sarana sekolah, namun
penggunaannya hanya sebatas pengetikan dan pencetakan saja |
2. |
Selasa/17-11-2020/09.00 WIB |
Sudrajat (Ketua Tata Usaha) |
Apakah ditemukan adanya permasalahan
dengan menggunakan sistem menejemen secara manual? |
Tentu saja ada. Kadang kala terjadi
penumpukan berkas dokumen karena penyimpanan tidak terorganisasi dengan baik,
umur dokumen yang sudah lama sering kali dibuang, tempat penyimpanan terbatas
untuk menyimpanan berkas berkas, dan masih banyak lagi. |
3. |
Selasa/17-11-2020/09.00 WIB |
Sudrajat (Ketua Tata Usaha) |
Dengan adanya sarana komputer di
sekolah, apakah sekolah berniat mengubah data informasi-informasi penting
yang selama ini terorganisir secara manual menjadi terkomputerisasi? |
Sebenarnya kami mempunyai rencana ke
depan ingin mengubah sistem menejemen data yang selama ini masih manual
menjadi terkomputerisasi. Kami berharap dengan sistem menejemen data yang
terkomputerisasi, pemrosesan data menjadi lebih mudah, dan pekerjaan akan
lebih efektif dan efisien. |
4. |
Rabu/18-11-2020/10.00 WIB |
Diah Anggraini, S.Psi (Kepala Sekolah) |
Berapakah jumlah rombel atau kelas
yang ada di SMK Cendekia Wanasari? |
Secara keseluruhan kami mempunyai 14
kelas. |
5. |
Rabu/18-11-2020/10.00 WIB |
Diah Anggraini, S.Psi (Kepala Sekolah) |
Apa saja kompetensi keahlian yang ada
di SMK Cendekia Wanasari? |
Ada 2 kompetensi keahlian yang ada di
SMK Cendekia Wanasari. Yaitu, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik
dan bisnis Sepeda Motor (TbSM) |
6. |
Rabu/18-11-2020/10.00 WIB |
Diah Anggraini, S.Psi (Kepala Sekolah) |
Berapa jumlah guru dan pegawai administrasi
yang bekerja di SMK Cendekia Wanasari? |
Guru yang mengajar di SMK Cendekia
sebanyak 23 guru. Sedangkan pegawai administrasi kami saat ini sebanyak 4
orang. |
7. |
Rabu/18-11-2020/11.00 WIB |
Andi Sulistio, M.Pd (Waka Kurikulum) |
Berapa jumlah siswa yang mengikuti
proses belajar mengajar di SMK Cendekia Wanasari? |
Jumlah siswa kurang lebih 436 siswa
yang mengikuti proses pembelajaran. |
8. |
Rabu/18-11-2020/11.00 WIB |
Andi Sulistio, M.Pd (Waka Kurikulum) |
Apa saja mata pelajaran yang diajarkan
di SMK Cendekia Wanasari? |
PAI, Pkn, Bahasa Indonesia, Bahasa
Inggris, Matematika, Sejarah Indonesia, Simdig, Fisika, Kimia,Seni Budaya,
PJOK, PKK, dan Mapel Produktif. |
9. |
Rabu/18-11-2020/11.00 WIB |
|
Bagaimana dengan kegiatan belajar
mengajar sekarang dimasa pandemic covid 19 |
Kegiatan belajar mengajar tetap
berjalan seperti biasanya. Hanya saja dilakukan secara daring/ online dan
tatap muka hanya untuk mapel kejuruan/produktif saja. |
3.
Uraian
Rencana Penelitian Menggunakan Teknik Observasi
-
apa yang akan diobservasi?
Yang akan dilakukan observasi
adalah sistem administrasi pada SMK Cendekia Wanasari
-
dimana letak lokasi observasi
Lokasi observasi terletak di jalan
raya Wanasari –Tugu KM 1 Desa Wanasari Kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu
-
kapan observasi akan dilakukan
Observasi akan dilakukan selama 15
hari dimulai pada tanggal 16 November – 30 November 2020
-
siapa yang melaksanakan observasi ini
yang melakukan observasi ini adalah
diri saya sendiri untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah sistem informasi
-
bagaimana melaksanakan observasi ini.
Observasi ini dilakukan secara langsung
karena saya sendiri bekerja di Sekolah tersebut.
4. Ada
dua macam format dari daftar pertanyaan, yaitu format bebas (free format)
dan format pasti (fixed format). Dalam suatu daftar pertanyaan dapat hanya
berbentuk format bebas saja atau format pasti saja atau berisi gabungan dari
keduanya.
- Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan
pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang sudah
disediakan.
Contoh
Sebutkan metode-metode yang anda rasa tepat untuk
memperbaiki masukan-masukan yang mengandung kesalahan.
- Format Pasti :
berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan
memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan
lebih mudah untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan
tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.
1.
Check-off questions : macam dari
pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off)
jawaban-jawaban yang sesuai.
Contoh
Daftar supplier
:
-
Compaq - Brurroughs
-
BM - Commodore
-
Univac - Apple
-
DEC - Xerex
2.
Yes/No questions : macam dari
pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau
‘tidak’.
Contoh
Apakah lampu penerangan memadai ? ya / tidak
Apakah sasaran
pemasaran dan strategi produk dibuat secara tertulis? Ya/Tidak
3.
Opinion/Choice questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini
memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.
Berilah rangking
dalam presentase jumlah waktu yang saudara habiskan untuk menangani transaksi
berikut :
_________ %
membuat order penjualan baru
_________ %
membuat order penjualan
_________ %
membuat faktur penjualan
5. Daftar
pertanyaan dengan format bebas
a. Marketing
Bagaimana
sasaran pemasaran Anda adalah jangka panjang dan jangka pendek?
b. Personlia
(HRD)
Bagaimana
tujuan perusahaan dalam pada tahun ini dalam mencari karyawan?
c. EDP
(Electronic Data Processing)
Bagaimana
cara pemrosesan data diperusahaan ini berlangsung?
Komentar
Posting Komentar